Pages

Wednesday, February 11, 2015

Mengatur Keuangan Keluarga

0 comments
Siapakah yang Sebaiknya Bertanggung Jawab Mengatur Keuangan Keluarga; Suami atau Isteri?
kontak jodoh
Mengelola keuangan keluarga bisa dilakukan bersama. Caranya dengan mengomunikasikan dan saling terbuka dalam pengelolaan pemasukan dan pengeluaran. Bisa juga membagi tanggung jawab keuangan, supaya masing-masing dapat menjalankannya dengan baik. Ada beberapa catatan yang perlu Anda perhatikan:
1. Bila suami sudah memberikan uang dan memercayakan urusan rumah tangga sepenuhnya pada istri, ada baiknya istri melakukan perencanaan yang matang sambil tidak lupa berdiskusi dengan suami. Rencanakan segala kebutuhan dan alokasikan dana sesuai dengan kebutuhan.

2. Mengelola keuangan dalam rumah tangga harus dibicarakan secara kompak. Jika suami memberikan semua penghasilan kepada istri, sebaiknya jadwal belanja bulanan disepakati bersama dan menjadi prioritas. Selebihnya, kembalikan kepada suami untuk keperluannya dan bila memungkinkan siapkan dana untuk investasi. Berapa jumlah tabungan dan zakat yang akan dikeluarkan dari penghasilan harus diperinci secara jelas.

3. Bila istri diberi tanggung jawab mengatur keuangan belanja, ada baiknya pasangan diberi tanggung jawab misalnya dalam urusan tabungan dan zakat.
Pembagian tugas ini perlu dibicarakan secara jelas dan harus saling terbuka. Tidak boleh ada rasa saling curiga dan setiap masalah hendaknya bisa diselesaikan bersama sama. Mengelola keuangan keluarga bisa dilakukan bersama.

0 comments:

Post a Comment